Inilah 5 Penyebab Bad Sector Pada Harddisk

5 Penyebab Bad Sector Pada Harddisk

Pernah kah kalian merasakan komputer atau laptop berjalan dengan lamban ? jika iya maka salah satu penyebabnya adalah adanya Bad Sector terhadap media penyimpanan kalian yaitu Harddisk. Hal ini selain menyebabkan komputer ataua laptop berjalan lamban akan mengakibatkan rusaknya Harddisk secara total sehingga tidak dapat digunakan kembali.

Untuk itu kali ini Komunologi akan membahas Apa Saja  Penyebab Bad Sector Pada Harddisk. silahkan simak penjelasan berikut ini.

  1. Mematikan Komputer Tidak Sesuai Dengan Prosedur.
    Hal pertama dan paling sering dilakukan adalah tidak mematikan komputer sesuai dengan prosedur. Yang dimaksud sesuai prosedur adalah mematikan komputer dengan menekan tombol Shutdown, dengan menekan tombol shutdown maka komputer akan mati secara perlahan yang membuat piringan pada harddisk pun berhenti secara perlahan namun jika tidak sesuai prosedur hardisk akan mati secara langsung /kaget yang bisa menyebabkan terjadinya Bad Sector.
  2. Mati Listrik
    Hal kedua yang menyebabkan bad sector pada harddisk yaitu matinya listrik. Memang ini bukan kesalahan kita sebagai pengguna komputer yang tinggak dirumah karena matinya listrik bukan dikarenakan pengguna komputer, namun untuk menanggulangi matinya komputer secara mendadak dikarenakan listrik yang mati tiba tiba ada baiknya kita menggunakan UPS yang berfungsi sebagai baterai komputer kita pada saat listrik mati mendadak.
  3. Jarang Melakukan Perawatan Terhadap Harddisk
    Hal ketiga yang menyebabkan bad sector pada harddisk adalah jarangnya pengguna melakukan perawatan terhadap harddisk, hal ini bisa dilakukan secara hardware dan software. Secara hardware kalian bisa membersihkan harddisk dari debu dan secara Software kalian bisa melakukan Defragment untuk mengetahui permasalahan harddisk dan mengatasi permasalahan tersebut.
  4. Human Error
    Hal keempat yang menyebabkan bad sector pada harddisk yaitu Human Error atau kesalahan manusia seperti hardisk terkena air, jatuh atau terbanting walaupun hal ini terjadi karena tidak sengaja tetap saja akan mengakibatkan terjadinya bad sector pada harddisk. Hal ini biasa terjadi pada Eksternal Harddisk atau Internal Harddisk pada pengguna laptop.
  5. Tegangan dan Medan Magnet
    Hal terakhir yang dapat menyebabkan terjadinya bad sector pada harddisk yaitu kekurangan atau kelebihan tegangan usahakan perangkat seperti harddisk memiliki tegangan yang sesuai.

    Selain tegangan pengaruh lainnya adalah adanya medan magnet, usahakan harddisk jauh dari medan elektromagnetik. 
Demikian 5 Penyebab Bad Sector Pada Harddisk. Semoga perangkat penyimpanan Harddisk kalian aman dari Bad Sector.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »