Mengenal Apa Itu Access Token dan Cara Kerjanya

Apa itu Access Token dan Bagaimana Cara Kerjanya

Sebelum membahas Access Token pernahkah kalian menggunakan Access Token ? saat ini biasanya penggunaan Access Token di gunakan untuk menambah jumlah like, menambah follower, atau bahkan hal lainnya yang bisa dikatakan menguntungkan pengguna namun dibalik itu semua ada orang yang memanfaatkan Access Token Facebook kalian untuk kepentingan yang lain.

Kali ini akan kita bahas apa itu Access Token mengapa berbahaya dan dari mana Access Token itu tercipta serta bagaimana proses kerja Access Token itu.

Apa itu Access Token ?

Access Token merupakan sebuah struktur data yang berisi informasi kemanan yang digunakan oleh sebuah proses untuk mengakses sebuah object (contoh facebook) yang dapat menyimpan informasi object tersebut.

Apa itu Facebook Access Token

Dalam situs resmi pengembang situs facebook dikatakan bahwa Access Token bahwa ketika seseorang tersambung ke sebuah aplikasi menggunakan Facebook Login aplikasi tersebut akan memperoleh akses token sementara yang digunakan untuk masuk ke Facebook API (Application Programming Interface) secara aman guna memferifikasi kesamaan data atau kebenaraan pengguna.

Cara Kerja Access Token

Misal kalian ingin menggunakan sebuah situs jual beli seperi buk*lapak, kemudian kalian memilih login menggunakan Facebook Account. Pada saat kalian meng-klik tombol Login With Facebook Account maka situs buk*lapak akan mengirimkan informasi bahwa kalian akan mengakses buk*lapak menggunakan Facebook Login sehingga kalian akan di arahkan ke halaman konfirmasi apakah kalian benar ingin meng-akses situs buk*lapak dengan Facebook, jika "Iya" maka kalian bisa langsung menggunakan akun facebook untuk meng-akses situs tersebut, jika "Tidak" maka halaman tersebut akan kembali ke halaman login situs buk*lapak.

Nah dari contoh tersebut Access Token Sementara akan di dapat pada saat situs buk*lapak mengirimkan informasi kepada facebook bahwa kalian ingin meng-akses situs buk*lapak dengan facebook.

Demikian artikel Mengenal Apa Itu Access Token dan Cara Kerjanya semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »