Jenis Jenis Network Adapter Virtual Box

Jenis Jenis Network Adapter Virtual Box

Virtual Box merupakan aplikasi simulasi yang secara umum digunakan untuk mempelajari pemasangan /menginstall sebuah sistem operasi, mulai dari sistem operasi linux, windows, dan sistem operasi lainnya.

Dalam Virtual Box terdapat fitur dimana kita dapat membuat sebuah komputer virtual memiliki network adapter atau seperti Network ID Card (NIC) layaknya seperti komputer asli (real). Kali ini Komunologi akan memberikan sedikit informasi tentang macam macam network adapter yang ada pada virtual box. Silahkan simak informasi tentang macam macam nework adapter divirtual box dibawah ini.

NAT Network Adapter

Mode network adapter virtual box pertama adalah NAT, jika kalian memilih mode jaringan NAT pada komputer guest kalian, maka secara otomatis komputer guest akan terkoneksi dengan komputer hosts dan dapat berkomunikasi dengan komputer host namun tidak sebaliknya komputer host tidak dapat berkomunikasi dengan komputer guest yang menggunakan mode jaringan NAT. Jika komputer hosts memiliki koneksi internet, secara otomatis komputer guest yang menggunakan mode jaringan NAT akan mendapatkan koneksi jaringan internet. Mode jaringan NAT inilah yang sering digunakan untuk belajar jaringan karena komputer host dapat dikatakan sumber koneksi internet (di anggap sebagai ISP) yang selanjutnya akan diberikan kepada komputer guest yang menggunakan mode jaringan NAT.

Jenis Jenis Network Adapter Virtual Box

Bridged Network Adapter

Mode network adapter virtual box kedua adalah Bridged, jika kalian memilih mode jaringan Bridged pada komputer guest, maka komputer guest tersebut seolah olah seperti komputer host karena bisa dikatakan mode jaringan Bridge menggunakan interface sungguhan yang ada pada komputer host. Adapter ini digunakan jika kita ingin komputer guest terhubung dengan jaringan sungguhan. Jadi bisa dikatakan network adapter Bridge posisinya sama dengan komputer host.
Jenis Jenis Network Adapter Virtual Box

Internal Network Adapter

Mode network adapter virtual box ketiga adalah Internal, dimana network adapter ini digunakan untuk menghubungkan antar komputer guest yang pastinya harus memiliki network id yang sama. internal network adapter tidak dapat terhubung dengan komputer host. (Hal ini terkait dengan network id, silahkan klik disini untuk lebih jelasnya)
Jenis Jenis Network Adapter Virtual Box

Host Only Network Adapter

Mode network adapter virtual box yang terakhir adalah Host Only, mode jaringan ini menghubungkan antara komputer host dan komputer guest, dengan cara mengkonfigurasi ip address pada masing masing komputer hosts dan juga ip address pada komputer guest.
Jenis Jenis Network Adapter Virtual Box

Demikian sedikit informasi tentang jenis mode network adapter pada virtual box. Selanjutnya Komunologi akan membahas tentang tutorial mikrotik menggunakan virtual box. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »