Mengatasi Blue Screen Dengan Analisa Software Dan Hardware

Mengatasi Blue Screen Dengan Analisa Software Dan Hardware

BSOD atau Blue Screen Of the Death atau bisa juga dikatakan Blue Screen Of the Doom merupakan sebuah tampilan dimana sistem operasi windows mengalami error atau sistem crash atau dimana komputer atau laptop tidak dapat beroperasi kembali dengan normal. Untuk itu kali ini komunologi akan memberikan informasi tentang cara mengatasi blue screen dengan analisa software dan hardware.

Mengapa dikatakan analisa software dan hardware ? karena secara garis besar penyebab utama blue screen of the death (BSOD) adalah dikarenakan 2 faktor, yaitu faktor software dan faktor hardware. untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan tentang mengatasi blue screen dengan analisa software dan hardware dibawah ini.

Faktor Software

Mengalami blue screen dikarenakan software. Hal ini terjadi dikarenakan adanya software yang konflik atau kolaps. Misal driver yang tidak sesuai, penggunaan resource grafik game yang tinggi pada  VGA yang lebih rendah, adanya virus yang menyebabkan kerusakan system windows. Contoh mudahnya apabila kalian ingin memainkan sebuah game yang seharusnya dimainkan dengan processor core i7 namun kalian mainkan diprocessor core i3 sedangkan kalian memaksa untuk menggunakan graphic maksimal maka akan terjadinya yang namanya memaksakan penggunaan perangkat yang apabila berlebihan akan terjadi yang namanya blue screen.

Untuk mengatasi hal itu, pengguna komputer harus mengetahui terlebih dahulu tentang kemampuan komputer /laptop yang dimiliki dan menyesuaikannya dengan aplikasi /game yang akan dimainkan, sedangkat untuk mengatasi hal lainnya adalah memasang aplikasi sesuai dengan sistem yang ada misalnya windows 7 64 bit maka carilah aplikasi yang support 64 bit. Kemudian untuk masalah kerusakan system windows, kalian bisa melakukan restore system atau repair windows atau jalan terbaik terkahir adalah melakukan install ulang windows.

Faktor Hardware

Mengalami blue screen dikarenakan hardware. Sering terjadi dikarenakan adanya konflik pada hardware. Contohnya tidak coconya RAM atau VGA terhadap mainboard, atau bisa juga dikatakan komponen sudah mulai rusak namun tetap digunakan. salah satu contohnya kerusakan terhadap komponen penyimpanan harddisk juga dapat menyebabkan terjadinya blue screen. (Baca : 5 Penyebab Harddisk Bad Sector)

Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan mengganti perangkat lama dengan perangkat yang baru.

Selain penyebab di atas, ada beberapa penyebab lagi yang disebabkan karena salah pengaturan di bios, contohnya salah mengatur SATA Mode dimana apabila menggunakan windows 7 kebawah seperti windows xp harus menggunakan IDE untuk SATA Mode-nya, kemudian untuk windows 7 keatas harus menggunakan ACHII.

Demikian informasi tutorial tentang mengatasi blue screen dengan analisa software dan hardware. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »