Pengertian Router Pada Jaringan Komputer


Setelah Komunologi membahas dua buah perangkat penghubung dari komputer satu kekomputer lainnya dalam jaringan yaitu HUB dan Switch kali ini akan kita bahas perangkat yang juga berguna sebagai penghubung dalam jaringan yaitu Router. Apa itu router ?

Router merupakan perangkat yang menghubungkan 2 jaringan berbeda dengan pengiriman berdasarkan IP Address yang berbeda tujuan entah 2 jaringan LAN atau 2 jaringan WAN atau bahkan menghubungkan jaringan LAN dengan internet. Proses menghubungkan 2 jaringan berbeda sering disebut routing. Router memiliki memory sehingga dalam router ada yang dinamakan routing table. Router bekerja pada layer 3 pada OSI layer.

Agar 2 jaringan yang berbeda dapat terhubung harus mendaftarkan Network ID ke router yang ada. sebagai contoh jika kalian memiliki 2 jaringan berbeda dengan jaringan pertama memiliki IP Address 192.168.5.1/29 dan jaringan kedua memiliki IP Address 192.168.10.1/29, maka agar kedua jaringan tersebut dapat terhubung harus mendaftarkan network id masing masing ke router. Berarti kalian harus mendaftarkan network id 192.168.5.1/29 yaitu 192.168.5 dan network id 192.168.10.1/29 yaitu 192.168.10

Contoh diatas hanya 2 komputer yang dihubungkan, jadi bagaimana jika lebih dari 5 atau sepuluh komputer apakah bisa dihubungkan ? jawabannya pasti bisa dengan cara menghubungkan semua komputer yang ada pada jaringan pertama dengan menggunakan HUB /Switch terlebih dahulu begitu juga pada jaringan kedua. Setelah itu baru hubungkan 2 HUB /Switch ke router dan mendaftarkan network idnya.

Router menggunakan header dan tabel forwarding untuk menentukan jalur terbaik untuk meneruskan paket-paket, dan mereka menggunakan protokol seperti ICMP untuk berkomunikasi satu sama lain dan mengkonfigurasi rute terbaik antara dua host.

Router bisa dikatakan lebih lengkap dibandingkan HUB /Switch kita dapat mengatur aktivitas jaringan mulai dari pembagian ip address, mengatur bandwith, hingga membatasi user dalam penggunaan internet.

Demikian sedikit penjelasan mengenai pengertian router pada jaringan komputer. apabila ada yang ditanyakan silahkan tulis di komentar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »