Penyebab Komputer Laptop Restart Dengan Sendiri


Pernahkah kalian pada saat asiknya menggunakan komputer atau laptop entah itu keperluan kerja atau lainnya tiba tiba komputer atau laptop yang kalian gunakan restart dengan sendirinya ? saya rasa rata rata sudah pernah. Untuk itu kali ini Komunologi akan memberikan sedikit info tentang penyebab komputer atau laptop kalian mengalami restart dengan sendirinya. Berikut penyebab komputer atau laptop mengalami restart dengan sendirinya.

Tegangan Listrik Rendah

Penyebab pertama komputer atau laptop mengalami restart dengan sendiri adalah tegangan listrik yang rendah, tegangan listrik yang rendah (naik turun) akan membuat kerja komponen pada CPU menjadi tidak maksimal dan dapat menyebabkan komputer atau laptop menjadi sering restart. Hal ini dapat di atasi dengan penggunakan UPS untuk menstabilkan tegangan listrik.

Daya Power Supply Rendah

Penyebab kedua komputer atau laptop mengalami restart dengan sendiri adalah daya power supply rendah, jika kalian belum tahu apa itu power supply, power supply merupakan sebuah perangkat yang memberikan daya kepada komponen yang ada dalam CPU.  Daya power supply yang rendah disebabkan oleh beberapa hal yaitu, banyaknya daya yang harus diberikan power supply dikarenakan banyaknya perangkat yang membutuhkan atau kemampuan power supply sudah menurun, selain itu kemungkinan adanya komponen yang rusak didalam power supply.

HDD (Harddisk) Bermasalah

Penyebab ketiga komputer atau laptop mengalami restart dengan sendiri yaitu adanya masalah terhadap Harddisk, salah satu yang sering dialami pengguna komputer adalah adanya bad sector pada darddisk, jika harddisk sudah mengalami bad sector maka akan sulit dibaca. Untuk lebih jelasnya komunologi sudah menjelaskan Penyebab Terjadinya Bad Sector Pada Harddisk, silahkan klik link untuk mengetahui penyebab bad sector pada harddisk.

Memory RAM Bermasalah

Penyebab keempat komputer atau laptop mengalami restart dengan sendirinya adalah adanya masalah terhadap memory RAM beberapa diantaranya adalah posisi penempatan RAM yang tidak pas sehingga tidak ada arus listrik yang masuk ke salah satu pin RAM atau bisa juga dikarenakan RAM lemah dan tidak cocok dengan motherboard.

Putaran Kipas HSF /Heatsink Terganggu

Penyebab kelima komputer atau laptop mengalami restart dengan sendirnya adalah putaran kipas heatsink yang terganggu, biasa hal ini dikarenakan banyaknya debu yang menghalangi. Jika heatsink berputar dengan lamban maka kinerja untuk mendinginkan prosesor akan menurun sehingga processor akan kepanasan dan akhirnya komputer atau laptop akan mengalami restart. Hal ini dapat kalian atasi dengan membersihkan heatsink dengan rutin.

File Windows Corrupt

Penyebab terakhir yang menyebabkan komputer atau laptop mengalami restart dengan sendiri yaitu adanya file windows yang corupt, biasanya terjadi karena virus, hal ini bisa ditasi dengan melakukan repair windows.

Demikian beberapa penyebab komputer atau laptop mengalami restart dengan sendirinya, jika ada yang ingin di tanyakan silah tulis dikolom komentar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »