Apa itu Perangkat Switch Pada Jaringan Komputer

Apa itu Perangkat Switch Pada Jaringan Komputer

Setelah sebelumnya kita membahas Apa itu HUB Pada Jaringan Komputer yang merupakan salah satu perangkat jaringan yang menghubungkan perangkat komputer satu ke perangkat komputer lainnya, kali ini Komunologi akan membahas perangkat jaringan lain yang fungsinya hampir sama dengan HUB. Perangkat itu adalah switch, apa itu switch ?

Perangkat Switch (Switch Device) jaringan adalah perangkat jaringan yang menghubungkan perangkat komputer satu ke perangkat komputer lainnya dimana pengiriman data (sumber dan tujuan) berdasarkan MAC Addres dan bekerja atau beroperasi pada Layer2 (Data Link) pada Lyer OSI. berbeda dengan HUB, Switch memeliki memory untuk menyimpan MAC Address. Jika menggunakan Switch, apabila jaringan tersebut menggunakan DHCP untuk pembagian IP maka IP Address komputer yang terhubung dapat berubah.

MAC Address (Media Access Control Address) merupakan sebuah alamat perangkat keras (Hardware ID) yang ada pada Layer2 OSI (Data Link). Untuk penjelasan lebih lanjut tentang MAC Address akan kita bahas dilain kesempatan. Perangkat jaringan yang dalam komputer itu contohnya adalah LAN Card (NIC) atau lebih jelasnya setiap port LAN yang ada di komputer atau notebook memiliki MAC Address yang berbeda beda, begitu juga apabila kalian memiliki Exsternal LAN Card yang juga akan memiliki MAC Address yang berbeda dengan External LAN Card lainnya.

Demikian penjelasan singkat tentang Apa itu Perangkat Switch Pada Jaringan Komputer. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tulis di kotak komentar. Selanjutnya Komunologi akan membahas tentang Router yang juga salah satu perangkat jaringan penghubung yang sering digunakan dimana Router ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan perangkat jaringan penghubung seperti HUB dan Switch.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »