Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer

Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer

Pada saat kita menggunakan komputer tanpa kita sadari kita sedang melakukan dialog dengan komputer dan waktu kita memberikan perintah kepada komputer maka kita akan melihat hasil dari perintah tersebut dilayar komputer. Sekarang ini semua bergantung kepada mesin. Bahkan mesin dibuat semudah mungkin agar manusia mudah menggunakannya.

Salah satu mesin tersebut adalah komputer yang dibuat guna memudahkan manusia dalam semua bidang mulai dari perbankan, pendidikan hingga transportasi. Karena itu kali ini komunologi akan memberikan penjelasan tentang interaksi manusia dan komputer yang dikutip dari buku berjudul interaksi manusia dan komputer yang diterbitkan oleh andipublisher dan ditulis oleh Sudarman dan Dony Ariyus yang tentunya komunologi sudah memiliki izin  untuk membagikannya.

Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)

IMK atau interaksi manusia dan komputer merupakan satu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi antar pengguna dengan sistem. Sistem yang dimaksud tidak hanya sistem yang ada pada komputer tetapi juga sistem yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari hari, seperti kendaraan, rumah tangga, dan sebagainya.

Peran utama IMK adalah untuk menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, aman, efektif dan serta efisien. Moden interaksi manusia dengan sistem melibatkan 3 komponen utama yaitu pengguna, interaksi, dan sistem itu sendiri dimana 3 komponen ini akan kiba bahas satu persatu. Kunci utama IMK adalah daya guna usability yang berarti suatu sistem harus mudah digunakan, memberi kemanan untuk pengguna, dan mudah dipelajar atau bisa dikatakan sistem itu ahrus user friendly.

Manusia dalam Interaksi Manusia dan Komputer

Manusia dipandang sebagai sistem yang memproses informasi, proses pemasukkan dan pengeluaran (input output) terjadi pada manusia merupakan suatu pandangan yang didapatkan dari mata. Untuk membuat sistem interaksi yang sempurna harus mengetahui aspek teknis dari sistem komputer dan mengerti bagaimana manusia mengelola dan menerima informasi komputer tersebut. Mengapa perlu memahami manusia dalam mengolah informasi ? karena manusia mempunyai keterbatasan dalam memproses informasi, manusia meneri informasi dan memberikan respon lewat saluran terbatas.

Komputer dalam Interaksi Manusia dan Komputer

Komputer sebagai perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan informasi dan hasil dari pengolahan tersebut. Komputer juga dapat diartikan sebagai mesin yang menerima masukkan (input) untuk diproses dan menghasilkan keluaran (output).

Komputer dikenal sebagai elemen yang membantu manusia dalam mengerjakan tugas dan berhubungan dengan IMK, untuk bisa memahami interaksi manusia dan komputer perlu memahami komputer dan bagaimana komputer bekerja. Komputer mampu melakukan berbagai tugas seperti menerima input, memproses input, menyediakan output, memberi informasi dan lain lain.

Interaksi dalam Interaksi manusia dan Komputer

Interaksi membantu manusia, apa yang terjadi antara user dan sistem komputer. Sistem interaksi menerjemahkan antara apa yang diingingkan oleh user terhadap sistem yang ada. Diilustrasikan bahwa user ingin membuat kalimat "Interaksi Manusia dan Komputer" maka user harus tahu program apa yang harus digunakan untuk menulis kalimat tersebut, jika user tidak tahu maka terjadi kesalahan paham antara user dengan sistem komputer, namun sebaliknya jika dengan menggunakan program yang tepat, user akan dapat mengetikkan kalimat tersebut dengan keyboard.

Demikian penjelasan mengenai interaksi manusia dan komputer. Semoga bermanfaat.

Sumber Gambar : cliparthut

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »